Senin, 30 Juni 2014

CARA MENERBITKAN BUKU DI TRIWAY PUBLISHING

Menerbitkan buku di TRIWAY Publishing memiliki nilai tambah yang sedikit berbeda dengan penerbitan-penerbitan lainnya. Di TRIWAY Publishing kalian dapat menerbitkan buku sembari membantu teman-teman kita yang ada di pelosok daerah terpencil dengan Program Plus Untuk Negeri (salah satu program hibah buku) yang ada di Indonesia.

Bagi para penulis yang ingin menerbitkan buku-bukunya di TRIWAY Publishing dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

1. REGISTRASI. Pada proses registrasi ini, penulis dapat mendaftarkan Nama-Judul Buku-Jenis Buku (Novel/Cerpen/Kumpulan Puisi) ke alamat email triwaypublisher@gmail.com atau SMS 0856 9232 4827

2. PENGISIAN TEMPLATE NASKAH DAN PENGIRIMAN NASKAH. Setelah dilakukan registrasi, pihak TRIWAY Publishing akan mengirimkan template pendaftaran naskah kepada penulis dimana nantinya penulis wajib mengisi form tersebut dan mengirimkan naskah beserta form isian tersebut ke email triwaypublisher@gmail.com.

3. PROOFREAD. Pihak TRIWAY akan membaca/mengedit/mendesain cover (jika belum ada cover) dari buku dari penulis, kemudian mengirimkannya kembali untuk dicek apakah naskah tersebut siap untuk dicetak atau tidak. Setelah penulis menyatakan bahwa tulisan ini dapat segera dicetak, maka mulai dilakukan MoU antara pihak TRIWAY Publishing dan penulis.

4. TERSEDIA. Setelah dilakukan proses ini, maka bukumu sudah siap untuk dipasarkan. Karena TRIWAY Publishing merupakan perusahaan penerbitan indie, maka segala jenis usaha pemasaran dan penjualan dilakukan oleh penulis. TRIWAY hanya membantu penulis dalam melakukan publikasi buku selama 10 hari setelah proses PROOFREAD OK. Setelah itu promosi buku dapat dilakukan oleh penulis. Penerbit juga membantu menjual buku penulis di website TRIWAY Publishing selama 2 bulan.

5. CETAK. Penulis yang berminat membeli bukunya untuk konsumsi pribadi/promosi wajib membayar harga buku kepada penerbit, dimana royalti baru akan diberikan dalam rentang waktu 2 bulan sekali kepada penulis.

Selain mengikuti langkah-langkah tersebut, pihak TRIWAY Publishing memiliki beberapa ketentuan dalam sistem upload naskah. Adapun beberapa ketentuan tersebut adalah:

1. Perlu diketahui bahwa TRIWAY Publishing saat ini menerima naskah berupa karya novel, kumpulan cerpen dan kumpulan puisi.

2. Adapun jumlah minimal masing-masing tulisan adalah sebagai berikut:
    a. Kumpulan Cerpen: min. 80 halaman, spasi 1,25. Times New Roman, 12 pt.
    b. Novel: min. 120 halaman, spasi 1. Times New Roman, 12 pt.
    c. Kumpulan Puisi: min. 50 halaman, spasi 1,25. Times New Roman, 12 pt.

3. Hasil karya yang akan diterbitkan merupakan hasil karya asli/orisinil dan bukan merupakan hasil plagiat (dibuktikan dengan surat pernyataan dengan materai Rp 6.000,-)

4. 5% dari keuntungan penjualan buku akan disumbangkan ke Program Plus Untuk Negeri.

5. Biaya penerbitan buku (termasuk: desain cover dan pengurusan ISBN) untuk masing-masing buku dikenakan charge sebesar Rp 400.000,-/judul.

6. Pihak penerbit dan penulis kelak akan memiliki suatu kontrak perjanjian yang akan ditandatangani oleh kedua belah pihak, dimana kontrak ini berisi pembagian royalti antar penulis dan sharing yang dilakukan dengan penerbit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar