Senin, 30 Juni 2014

MANFAAT MENULIS

Menulis tidak dapat dikatakan sebagai sebuah hobi karena pekerjaan ini sering dilakukan oleh sebagian besar orang. Menulis memiliki manfaat yang sangat banyak, seperti:

1. Mencegah kepikunan
Menulis identik dengan cara mencegah kepikunan. Menulis diibaratkan sebagai olahraga yang sangat dibutuhkan otak. Sama halnya dengan olahraga lainnya, menulis membuat neuron-neuron otak bekerja dan tidak pernah mati sehingga kepikunan dapat diminimalisir dengan kegiatan ini. Otak seorang penulis cenderung lebih sulit rusak dibanding otak seseorang yang tidak menulis.

2. Instrumen perekam jejak sejarah
Menulis adalah bukti asli dari berbagai jenis jejak sejarah yang ada. Hampir semua catatan sejarah diperoleh dari analisis hasil tulisan-tulisan yang diperoleh, baik itu dari prasasti maupun batu bertulis. Jika kalian bukanlah anak seorang raja, maka menulislah untuk tetap dikenang sejarah.

3. Instrumen menjaga ilmu dan menyebarkannya secara luas
 Salah satu alat yang dapat digunakan untuk menyebarkan ilmu secara luas adalah dengan sebuah tulisan. Tulisan adalah salah satu media yang tak lekang dimakan zaman. Sebarannya pun tidak terbatas pada ruang dan waktu.

4. Media dakwah
Hampir seluruh agama memiliki kitab suci. Kitab suci merupakan sebuah tulisan yang ada sejak dahulu kala dan dijadikan media dakwah dari satu generasi ke generasi lainnya.

5. Media belajar
 Seorang penulis akan selalu belajar menemukan ketajaman dari tulisan-tulisannya. Intelektualitas sangat dibutuhkan oleh seorang penulis karena tulisan tanpa intelektualitas lama kelamaan akan menjadi tulisan kosong yang tidak berarti.

6. Sumber produktivitas
 Sumber produktivitas yang terlihat nyata adalah sebuah tulisan. Khususnya bagi penulis ternama, tulisan dapat menjadi pundi-pundi uang tersendiri karena tulisan bagi mereka sama berharganya dengan aset.

7. Membentuk pribadi yang bijak dan santun
 Penulis adalah tipikal seorang pemerhati. Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, penulis cenderung akan memerhatikan kondisi hati orang lain sehingga ia akan lebih bijak dalam menanggapi orang.

8. Menumbuhkan ide-ide baru
 Menulis adalah kunci produktivitas dari seseorang karena dalam menulis, ide-ide akan selalu bermunculan.

9. Sebagai media komunikasi terbaik
 Media komunikasi terbaik adalah tulisan karena si pembaca secara terpaksa harus menyelesaikan isi bacaannya sebelum mengomentari permasalahan yang ada di dalamnya. Oleh karena itu kecenderungan mis-komunikasi dapat diminimalisir.

10. Melatih diri untuk menerima kritik yang konstruktif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar